Kamis, 03 Februari 2011

Materi Kelas 9 : Tokoh Hacker di Dunia

1. Jonathan James


Jonathan James lahir pada tahun 1981 di Amerika Serikat. Jonathan menggemparkan dunia saat usianya yang masih 16 tahun. Selain itu ada sebuah misteri yang ditinggalkan Jonathan James.Jonathan James adalah orang Amerika Serikat termuda yang dijatuhi hukuman atas kejahatan dunia cyber. Saat baru berusia 16 tahun dia dikirim ke penjara karena menjebol situs departemen pertahanan Amerika. James mengakui melakukan hacking adalah sebuah tantangan dan merupakan salah satu kesenangan tersendiri. 
Gara-gara ulahnya, NASA juga kena getahnya. James berhasil mencuri ( mendownload ) software NASA yang diperkirakan bernilai $1.7 juta pada tahun 1999.
Akibatnya, NASA harus mematikan server dan sistemnya akibat dari perbuatan si James selama tiga minggu. Dan setelah itu NASA harus mengeluarkan biaya sekitar $41,000 untuk memperbaiki sistemnya yang sudah dijebol James.
Enam bulan setelah James menjebol NASA, Jonathan berhasil diciduk di rumahnya oleh polisi setempat pada jam 6 pagi. Dia menjalani hukuman penjara 6 bulan karena masih di bawah umur, serta hukuman percobaan “tahanan rumah” hingga usianya mencapai 21 tahun. Jonathan James tidak diperbolehkan berinterkasi dengan komputer selama itu.
Yang menjadi misteri yaitu Jonathan James dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 18 Mei 2008. Namun di balik kematiannya, tidak ada informasi apa yang menyebabkan kematiannya.


2. Andrian Lamo


Adrian Lamo adalah seorang analis ancaman dan hacker topi abu-abu. Dia pertama kali mendapat perhatian media karena membobol beberapa jaringan komputer, termasuk dari The New York TimesYahoo, dan Microsoft, dan puncaknya pada tahun 2004 atas penangkapannyaPada tahun 2010Lamo terlibat dalam skandal yang melibatkan WikiLeaks Bradley Manning yang ditahan setelah Lamo di laporkan kepada otoritas federal yang telah di bocorkan Manning terhadap puluhan ribu dokumen rahasia pemerintah AS yang sensitif.


3. Kevin Mitnic






Banyak kalangan bahwa Kevin Mitnic disebut legenda hidup Hacker terbaik di dunia. Perbuatannya dalam melakukan kegiatan hacker:
1. Menggunakan Los Angeles bus transfer system untuk mendapatkan tumpangan gratis.
2. Mengelabui Agen FBI.
3. Hacking kedalam DEC system ( Digital Equipment Corporation )
4.Mendapatkan administrator positon dalam satu komputer IBM agar menang judi,                     karena adminnya yang mempunya laptop IBM tersebut.
5.Hacking Motorola, NEC, Nokia, Sun Microsystems dan Fujitsu Siemens systems dan masih banyak lagi.

Seorang white hat hacker pun yang bernama Tsutomu Shimomura, di hack komputer systemnya, dan terjadilah perang luar biasa..
Mitnick tertangkap dan terlacak oleh FBI dengan bantuan Tsutomu Shimomura yang melacaknya ( tracking ) lewat jaringan handphone yang dibawa oleh Mitnick saat itu.
Tapi, kini Kevin Mitnic telah kembali ke jalan yang benar dan menjadi seorang penulis buku, konsultan security, dan pembicara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar