Rabu, 16 Februari 2011

Materi TIK Kelas 9 : Jaringan Intranet

Jaringan Intranet


Jaringan Intranet merupakan iniatur jaringan internet, karena jaringan ini hanya berskala lokal ( jaringan lokal ). Fungsi jaringan intranet ini sama dengan jaringan internet, tetapi hanya bisa melayani jaringan lkal ( LAN ) saja. Tidak bisa diakses dari jaringan internet. Jika sudah memiliki jaringan lokal ( LAN ), pengembangan jaringan intranet cukup dengan menambahkan perangkat seperti layanan dalam jaringan internet seperti :

- DNS Server ( Domain Name System Server )
- WEB Server ( Layanan Informasi web based )
- Mail Server ( Layanan e-mail) " optional "

Materi Kelas 9 : Cara Mengatur Slide Transition

Kita dapat mengatur slide transition atau perpindahan dari satu slide ke slide berikutnya dengan cara berikut ini:
  1. Pada Animations tab, Transition To This Slide group, centang kotak:
    • On Mouse Click, bila ingin berpindah ke slide berikutnya dengan mengklik mouse.
    • Automatically After, bila ingin berpindah ke slide berikutnya setelah beberapa saat, buat pengaturan waktu pada kotak di sampingnya.
      Advance Slide Transition
  2. Bila kedua kotak tersebut tidak dicentang, maka perpindahan slide bisa dilakukan dengan menekan tombol ENTER.

Materi Kelas 9 : Cara Menyisipkan Efek Suara pada Slide Transition

Cara Menyisipkan Efek Suara pada Slide Transition

  1. Klik pada slide thumbnail.
  2. Pada Animations tab, Transition To This Slide group, klik tanda panah pada Transition Sound dan lakukan hal berikut:
    • Untuk menambahkan suara yang ada pada daftar, pilih suara yang diinginkan.
    • Bila suara yang diinginkan tidak ada di daftar, pilih Other Sound, cari lokasi file suara yang ingin disisipkan dan klik OK.
      Transition Sound
  3. Ulangi langkah-langkah di atas untuk slide yang lain atau klik Apply to All untuk menerapkan pada semua slide.
  4. Untuk menghilangkan suara, pada Transition Sound klik No Sound.
  5. Yang perlu diperhatikan:
    • Bila menggunakan Loop Until Next Sound, maka suara akan dijalankan berulang-ulang pada slide, termasuk ke slide berikutnya sampai berganti ke suara yang lain, walaupun pada slide berikutnya menggunakan pengaturan No Sound. Untuk itu, gunakan Stop Previous Sound bila tidak ingin menggunakan suara pada slide.
    • Contoh pengaturan bisa dilihat pada gambar berikut ini.
      Cara Pengaturan Transition Sound
  6. Lihat juga artikel ini: 28 Websites untuk Download Suara Gratis serta Cara Menyisipkan dan Mengatur Suara di Slide PowerPoint 2007.

 

Materi Kelas 9 : Cara Memberi Efek Slide Transition

Cara Memberi Efek Slide Transition

  1. Klik pada slide thumbnail yang ingin diberi efek Slide Transition.
  2. Pada Animations tab, Transition To This Slide group, klik efek yang diinginkan. Klik tombol MoreMore untuk menampilkan galeri Slide Transition.
    Slide Transition
  3. Untuk mengatur kecepatan transisi ke slide berikutnya, pada bagian Transition Speed, pilih kecepatan yang diinginkan (Slow, Medium, Fast).
  4. Ulangi langkah 1-3 di atas untuk slide yang lain.
  5. Bila ingin menerapkan efek yang sama pada semua slide, pada Transition To This Slide group, klik Apply to All.
  6. Untuk menghilangkan efek slide transition, pada Animations tab, Transition To This Slide group, klik No Transition.
    No Transition

Materi kelas 9 : Menjalankan Aplikasi Microsoft PowerPoint

Microsoft Power Point dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah di aktifkan dan komputer telah siap untuk menerima perintah. Berikut ini beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengaktifkan Microsoft PowerPoint.


a. Melalui Start Button
           
    1. Klik tombol Start yang terdapat pada taksbar.
    2. Kemudian pilih menu Programs,
    3. Klik Microsoft Office
    4. Terakhir pilih dan klik program apilkasi Microsoft PowerPoint. 

    b. Melalui Icon Shortcut

    1. Arahkan pointer mouse ke ikon Microsoft PowerPoint
    2. Kemudian klik dua kali ikon tersebut atau dengan cara klik kanan pilih Open 



















c. Melalui Fasilitas Menu Search
     
    Langkahnya sebagai berikut:
    1. Klik tombol Start
    2. Kemudian arahkan pointer mouse ke menu Search
    3. Klik menu Search, maka akan keluar jendela Search Result
    4. Pilih dan klik “All Files and Folders”
    5. Isilah kotak file name dengan “POWERPNT”
    6. Isilah kotak phrase in the file dengan “.EXE”
    7. Pilihlah drive tempat penyimpanan sistem operasi pada komputer tersebut misalnya ” C:”
    8. Klik tombol search, tunggu sampai keluar ”POWERPNT.EXE”
    9. Terakhir klik dua kali pada “POWERPNT.EXE”

d. Melalui Fasilitas Windows Explorer
     
    Langkahnya sebagai berikut :
    1. Klik kanan pada tombol Start, pilih Explore
    2. Arahkan ke harddisk system contohnya C:
    3. Carilah dan klik folder ”Program Files”
    4. Carilah dan klik folder ”Microsoft Office”
    5. Carilah dan klik folder ”OFFICE11”
    6. Carilah dan klik dua kali ”POWERPNT.EXE” 

e. 
Melalui Fasilitas RUN
    1. Klik tombol Start
    2. Klik menu Run
    3. Klik Browse, maka keluar jendela browse
    4. Arahkan ke harddisk system contohnya C:
    5. Carilah dan klik folder ”Program Files”
    6. Carilah dan klik folder ”Microsoft Office”
    7. Carilah dan klik folder ”OFFICE11”
    8. Carilah ”POWERPNT.EXE”, pilih ikon tersebut dan klik open
    9. Terakhir di jendela ”Run” klik OK


Dari salah satu langkah yang digunakan di atas maka akan keluar jendela aplikasi Microsoft PowerPoint sebagai berikut :

Materi Kelas 9 : Mengenal Jendela Microsoft PowerPoint

Microsoft Power Point program aplikasi presentasi yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Microsoft PowerPoint dibuat dalam program aplikasi paket Microsoft Office yang dibuat oleh perusahan raksasa di bidang software komputer yaitu Microsoft Corporation. Dengan adanya progarm Microsoft PowerPoint kita dapat mendesain, merancang dan membuat naskah presentasi dengan cepat dan mudah.
Keterangan:
  1. Baris Judul atau title bar merupakan program aplikasi dari file yang aktif
  2. Icon control menu merupakan menu yang digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
  3. Baris Menu (Menu Bar) berisi perintah berupa menu-menu yang aktif, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.
  4. Toolbar standard berisi perintah-perintah shotcut (singkat) yang membentuk icon-icon berupa icon New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo dan seterusnya dan berfungsi untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.
  5. Toolbar Formatting< berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat area slide lembar kerja berupa jenis huruf, tebal, miring, garis bawah, rata kiri, tengah, rata kanan, rata kiri dan kanan dan seterusnya.
  6. Drawing Bar (baris gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar, terdapat juga word art, clip art, teks box dan lain-lain.
  7. Area Catatan, digunakan untuk memberikan catatan (notes) pada slide yang sedang dipilih
  8. Area Slide, untuk menampilkan slide aktif yang sedang dirancang
  9. Area Outline, untuk menampilkan kerangka presentasi yang mencakup judul dan isi materi presentasi secara keseluruhan
  10. Office Asistant, menampilkan bentuk gambar animasi yang menarik.
  11. Task Pane, jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen yang akan membantu saat
  12. Tombol ukuran menentukan besarnya layar tampilan, apakah diperbesar penuh satu layar atau diperkecil.
    1. Minimize , digunakan untuk menutup sementara jendela atau program yang sedang kita buka, jendela ditutup dan dikirim ke taksbar menjadi sebuah icon aktif, untuk membukanya cukup dengan meng-klik icon tersebut
    2. Restore down , digunakan untuk mengembalikan ukuran jendela ke semula, setelah ukuran jendela berubah ke ukuran semula, maka tombol tersebut berubah menjadi maximize. Maximize , digunakan untuk memperbesar jendela sepenuh layar monitor, dan setelah jendela sepenuh layar apabila menekan tombol ini akan berubah menjadi tombol restore
    3. Close , digunakan untuk menutup jendela atau program secara permanen.

Materi Kelas 9 : Program Aplikasi Microsoft Power Point

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Microsoft PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.

Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
  1. Sejarah Microsoft PowerPoint
  2. Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint. Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint pada saat tersebut masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran. Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition). Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.
  3. Versi Microsoft PowerPoint
  4. Tahun
    Versi PowerPoint
    Sistem Operasi
    1987 PowerPoint 1.0 Mac OS classic
    1988 PowerPoint 2.0 Mac OS classic
    1990 PowerPoint 2.0 Windows 3.0
    1992 PowerPoint 3.0 Mac OS classic
    1992 PowerPoint 3.0 Windows 3.1
    1993 PowerPoint 4.0 Windows NT 3.1,
    Windows 3.1,
    Windows 3.11
    1994 PowerPoint 4.0 Mac OS classic
    1995 PowerPoint 7 for Windows 95 Windows 95, Windows NT
    1997 PowerPoint 97 Windows 95/98, Windows NT 4.0
    1998 PowerPoint 98 Mac OS Classic
    1999 PowerPoint 2000 Microsoft Windows 98,
    Windows NT 4.0,
    Windows 2000
    2000 PowerPoint 2001 Mac OS X
    2001 PowerPoint 2002 Windows 2000/XP
    2002 PowerPoint v.X Mac OS X
    2003 PowerPoint 2003 Windows 2000 Service Pack 3,
    Windows XP Service Pack 1,
    Windows Server 2003
    2004 PowerPoint 2004 Mac OS X
    2006 PowerPoint 2007 Microsoft Windows Vista,
    Windows XP Service Pack 2,
    Windows Server 2003,
    Windows Server 2008
  5. Operasi Microsoft PowerPoint
  6. Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web). PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yaitu sebagai berikut:
    • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
    • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
    • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
    • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

Materi Kelas 9 : Perangkat Lunak Presentasi

Mengenal Perangkat Lunak Presentasi
  1. MICROSOFT POWERPOINT
  2. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
  3. OPEN OFFICE IMPRESS
  4. OpenOffice.org Impress dari Sun Microsystem adalah suatu perangkat lunak untuk membuat presentasi-presentasi multimedia efektif. Presentasi-presentasi kita akan tampil dengan seni klip 2D dan 3D, animasi, dan perlengkapan gambar. OpenOffice.org Impress mempunyai suatu cakupan yang lengkap dari gambar perlengkapan pembuatan diagram yang mudah oleh kita. Fasilitas Animation dan Effects menghidupkan presentasi kita. Fontworks menyediakan huruf-huruf yang menarik format 2D dan 3D untuk gambar teks.
  5. PRESENTATION X3
  6. Presentation X3 dari Corel Corporation mempunyai fitur lengkap yang kita perlukan untuk menghasilkan sebuah usulan proyek, laporan-laporan dan demonstrasi-demonstrasi yang interaktif, presentasi-presentasi multimedia dan lain-lain Presentation X3 menyediakan keserasian yang dimiliki oleh dengan Microsoft PowerPoint dan memiliki kemampuan untuk meng-export file presentasi ke format PDF.
  7. STAR OFFICE.ORG IMPRESS
  8. Star Office.Impress dari Sun Microsystem adalah suatu perangkat lunak untuk membuat multimedia efektif presentasi yang tampil dengan seni klip 2D dan 3D, animasi, dan perlengkapan gambar yang lengkap. Perangkat lunak ini diluncurkan untuk menunjukkan animasi dan efek yang lebih menghidupkan sebuah presentasi, dilengkapi dengan berbagai jenis huruf 2D dan 3D, dan gambar-gambar 3D akan terasa lebih hidup. Selain itu, Star Office.Impress sebagai alternatif membuat presentasi karena perangkat lunak ini menggunakan kemampuan untuk membuat Flash.
  9. KPresenter
  10. KPresenter digunakan untuk membuat dan menyajikan presentasi. Dengan sejumlah fasilitas yang ditawarkan, KPresenter sudah dapat disejajarkan dengan Microsoft PowerPoint. Untuk sekedar informasi, developer KDE sendiri selalu menggunakan KPresenter manakala harus memberikan presentasi tentang KDE. Karena memang dirancang untuk menjadi PowerPoint-nya KDE, maka dapat ditemui berbagai kemiripan antara KPresenter dan PowerPoint. Ini dapat menjadi keunggulan, terutama untuk memikat para pemakai PowerPoint yang ingin beralih ke lingkungan Linux. Lagi-lagi dengan KParts, aneka ragam teks, gambar, chart, dan file multimedia, dapat ikut memperkaya materi presentasi yang digarap dengan KPresenter. Salah satu fitur menarik dari KPresenter adalah menghasilkan slideshow dalam format HTML. Begitu sebuah presentasi telah selesai, dalam sekejap dapat dihasilkan versi HTML-nya yang cocok untuk di-upload ke website.

Materi Kelas 9 : Cara Membuat Forum Mailing List

1. Klik di sini Jangan lupa Sign dulu dengan user dan password alamat email yahoo

2. Klik "Start your group"

3. Akan ada tulisan "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category" scroll ke bawah di ada tulisan "Browse Group Categories" yang di bawahnya ada bebarapa kategori yang bisa kita pilih. Di antaranya Business & Finance, Computers & Internet, Cultures & Community dll. Klik untuk memilih salah satu. Klik "Continue".

4. Lihat tulisan "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued). lalu scroll ke bawah ada "Browse Group Categories" di bawahnya tertulis beberapa kategori juga di antaranya Business Schools, Companies, Consumer dll. Klik lagi salah satu untuk memilih. Klik "Continue".

5 Ada lagi "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued)". Kalau tidak mau menambah Sub kategori langsung aja klik tombol "Place My Group Here" dan masuk ke langkah berikutnya untuk membuat nama group dan deskripsinya. Ada tulisan "Step 2 of 3: Describe Your Group"
> Group Name : Isi dengan nama group yang dikehendaki misalnya "akupunyabisnis" atau " The Coolest Group"
> Enter Your Group Email Address : Isi alamat email group misalnya "coolest_group", "akupunyabisnis" dll
> Describe Your Group : Isi dengan penjelasan group. Silahkan berkreasi untuk menjelaskan kepada rekan onliner tentang tujuan dari Milis yang kita bangun, apa boleh pasang iklan atau tidak dll. Singkat boleh panjang boleh asal tak lebih dari 2000 karakter.
Setelah selesai klik aja "Continue".

6. Ada tulisan Step 3 of 3: Select your Yahoo! Profile and Email Address. Tarik ke bawah. Di bawah tulisan "Word Verification" masukkan di kolom yang tersedia rangkaian huruf acak dengan benar. Udah kan? Klik aja "Continue".

7. Sukses. Setelah ada konfirmasi gini
Congratulations!
Your Group Iklaniklan-Bisnis-Online has been created. You can access your group using the link below or from the Yahoo! Groups "My Groups" page.
maka berarti pembuatan Milis kita udah selesai. Lihatlah detail dari Group name, Group home page dan Group email. Ringkasnya kita sudah punya alamat group ( Url Group ) misalnya http://groups.yahoo.com/group/akupunyabisnis

8. Langkah berikutnya klik link "Customize Your Group" untuk setting detail group kita. Klik aja langsung Get Started, lalu Next, lalu Next kemudian Finish. Beres.

9. Kalau sobat pengen ngundang teman untuk join klik tombol "Invite People". Jika tidak langsung aja Klik Go To Group. Nah udah kelihatan kan halaman milis kita.

10. Selamat menjadi moderator Milis.

Materi Kelas 9 : Mesin Pencari ( Search Engine )

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
 
Cara Kerja Mesin Pencari :

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau fieldmeta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. khusus yang disebut
Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Materi Kelas 9 : Mailing List ( Milis )

Milis (Inggris: mailing list) adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan / kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.

Ciri Khas Milis :

Milis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet terletak pada adanya notifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing. Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi email mereka atau tidak.
Sebuah [[mailing list]] hanyalah merupakan daftar dari alamat [[e-mail]] orang yang tertarik pada subjekkelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’. yang sama, adalah anggota dari
Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun, sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah suatu anggota.

Materi Kelas 8 : Mengatur Judul Sebuah Tabel

Misalnya judul tabelnya => Tabel Program Komputer
Lalu atur menjadi rata di tengah ( mengacu pada jumlah kolom tabel yang akan kita gunakan )

Caranya :
  • Blok Judul dari Sel A1 sampai Sel C1
  • Kemudian tekan tombol gabung ( Merge and Center ) pada toolbar formatting


Materi Kelas 7 : Keuntungan dan Kerugian TIK

A. Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
  1. Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
  1. Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
  2. Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
  3. Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
  4. Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
  5. Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
  6. Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.
B. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
C. Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
  1. Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
  2. Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
  3. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
  1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
  2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
D. Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
  1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

Materi Kelas 7 : Sistem Operasi

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.


Materi Kelas 7 : Sejarah Perkembangan TIK

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910 - 1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio - visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia. Melalui penemuan (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.
 

Materi Kelas 8 : Cara Membuat dan Mengedit Tabel Pada Ms. Word

Cara membuat tabel pada program microsoft word :


1. Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu.

2. Kemudian klik Menu Table – insert – Table . . . seperti di gambar di bawah ini :



Cara membuat tabel

3. setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini :

Cara membuat tabel


Number of column adalah untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu.
contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini :

Cara membuat tabel

setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu pada garis kolom yang ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu.

Merge Cells
menu merge cells (atau menggabungkan cells) bisa digunakan jika kamu ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini
membuat tabel
contoh tabel di atas adalah menggunakan merge cells, yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu,
caranya adalah :
1. siapkan tabel kerja kamu

2. blokpada kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan, (cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer ke arah kolom lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini
membuat tabel
3. Kemudian setelah diblok, klik menu Table, Merge Cells
membuat tabel

4. Maka hasilnya adalah seperti ini
membuat tabel

langkah di atas adalah untuk menggabungkan dua bari

Materi Kelas 8 : Menu Pada Microsoft Word 2


4. Lembar Kerja Microsoft Word
Lembar Kerja Microsoft Word
1. Menu File
Menu File
Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Sub Menu
Fungsi
1. New, Membuat Dokumen baru
2. Open, Membuka file dari peranti / media penyimpan
3. Close, Menutup jendela dokumen aktif
4. Save, Menyimpan dokumen yang masih aktif
5. Save As, Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan
6. Save As, Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web
7. Web Page
8. Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak
9. Preview
10. Page Setup, Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak
11. Print Preview, Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer
12. Print, Mencetak dokumen
13. Send To, Mengirim dokumen
14. Properties, Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif
15. Exit, Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen
2. Menu Edit

Menu Edit
Menu yang berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo
3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data
4. Copi, Menyalin data
5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut
6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen
7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
9. Find, Mencari data pada dokumen
10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote
12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll)
3. Menu View
Menu View
Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Normal menampilkan dokumen dalam status normal
2. Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web
3. Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak
4. Outline menampilkan struktur dokumen
5. Toolbar memunculkan toolbar words
6. Ruler memunculkan mistar dokumen
7. Dokumen map memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
8. Header dan Footer membuat header dan footer sebagai efek cetakan
9. Comments menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen
10. Footnotes menampilkan cetakan kaki dokumen
11. Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh
12. Zoom mengubah ukuran penampilan dokumen words
4. Menu Insert
Menu Insert
Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word
2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman
3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu
4. Autotext, menyisipkan text tertentu
5. Field, menyisipkan field
6. Symbol, menyisipkan symbol
7. Comments, memberikan komentar lembar kerja
8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen
9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table
10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang
11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar
12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart
13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks
14. File, menyisipkan file dokumen
15. Object, menyisipkan objek
16. Bookmark, menyisipkan bookmark
17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan
5. Menu Format
Menu Format
Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenus sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
2. Paragraph, mengatur paragraph
3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item
4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen
6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen
7. Changecase, mengubah huruf capital
8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen
9. Theme, mengganti style dokumen
10. Frames, mengatur frames
11. Autoformat, mengatur secara otomatis
12. Style, mengatur style paragraph
6. Menu Tools
Menu ToolsMenu yang berhubungan dengan operasi file terhadap dokumen dengan submenu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Spelling and Grammar, memeriksa ejaan pada kata dokumen
2. Language , mengatur penggunaan bahasa
3. Wordcount, penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
4. Autocorrect, untuk menggabungkan dokumen
5. Trackchanges,melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer
6. Protect Document, mengamankan atau memproteksi dokumen online
7. Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion
8. Mailmerge, menggunakan fasilitas mailmerge
9. Envelope and Lables , pembuatan surat dan label
10. Letter Wizzards, membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word
11. Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro
12. Templates and Add Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word
13. Costumade Menta Toolbars, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna
14. Options, pilihan dalam pengaturan
7. Menu Table
Menu Tabel
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Drawtable, membuat table dengan menggambar
2. Insert, menyisipkan table
3. Delete, menghapus data
4. Mergecells, menggabungkan sel-sel dalam table
5. Splitcels, memisahkan sel-sel dalam table
6. Convert, mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya
7. Sort, mengurutkan data dalam table
8. Table Property, menampilkan rangkuman dalam table
8. Menu Window
Menu Window
Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan submenu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. New Windows, memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru
2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen
3. Split, membagi dokumen menjadi beberapa bagian
9. Menu Help
Menu Help
Menu yang berhubungan dengan fasilitas bantuan dari word dengan submenu sebagai berikut :
Submenu
Fungsi
1. Microsoftword Help, menampilkan fasilitas office assistantk, dengan nama logo berturut seperti berikut eClippi, thedort, F1, Thedinius, Oficelogo, Mothernature, Links dan rocki Show Office assistant melihat keterangan dan topic terpilih secara langsung tanpa melalui fasilitas help
2. What’this ? memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars
3. Office on the web, koneksi internet pada situs office pada Web
4. Detect and Repair, mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word
5. About Microsoft, melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi computer yang digunakan